Wisata Agro

jublang

Jika Anda jalan-jalan ke Wisata Bahari Lamongan (WBL) atau Lamongan pantura dan ingin merasakan pengalaman agrowisata, silakan mampir di kebun pepaya di Brondong, sekitar 7 km sebelah barat WBL. Di sini Anda bisa memetik buah pepaya Calina atau yang lebih dikenal sebagai pepaya California.

Sebetulnya lokasi ini bukan lokasi wisata melainkan kebun biasa. Karena bukan tempat wisata, tidak ada tiket masuk alias gratis. Pengunjung dipersilakan memetik sendiri buah pepaya lalu membayarnya sebagaimana pembeli biasa. Harganya pun murah, hanya Rp 6 ribu/kg dengan minimal pembelian 5 kg. Jadi, dengan uang Rp 30 ribu pengunjung sekeluarga bisa mendapat pepaya sekitar 4-5 buah. Kalau Anda membeli grosiran, harganya hanya Rp 4.500/kg. Lumayan, bisa untuk oleh-oleh buat tetangga satu RT hehehe…

calina-pendek

 

Calina merupakan pepaya yang benihnya dikembangkan oleh Institut Pertanian Bogor yang memiliki banyak kelebihan.

  • Pohonnya pendek sehingga buahnya mudah dipetik.
  • Buahnya manis. Lebih manis daripada pepaya Thailand (Bangkok).
  • Bobotnya sekitar 1,2 kg per buah. Cocok buat sekali konsumsi. Berbeda dengan pepaya Bangkok yang ukurannya besar-besar dengan berat mencapai 3 kg per buah.
  • Daging buahnya kenyal. Walaupun dipetik dalam keadaan matang pun daging buahnya masih kenyal, tidak lembek seperti pepaya Bangkok.
  • Buahnya awet. Bahkan setelah diiris dan dibiarkan di luar kulkas pun, Calina matang masih bisa bertahan sampai tiga hari. Berbeda dengan pepaya Bangkok matang yang setelah diiris harus segera dimakan hari itu juga.
  • Pohon mudah berbuah. Umur 3 bulan, pohon sudah berbunga. Umur 7 bulan sudah mulai panen. Asal dirawat dengan baik, pepaya bisa terus berbuah sampai umur 2 tahun lebih.

wisatapepaya-1

Karena lokasi ini berupa kebun biasa, pengunjung harus bikin janji lebih dulu dengan pemilik kebun di nomor SMS atau WhatsApp 089617731363. Sebelum berkunjung ke sini, Anda juga bisa berkunjung ke Facebook Pepaya Organik Lamongan