TAMAN TELAGA, SUMBER OKSIGEN DI TENGAH KOTA

Surya 2  Telaga Bandung 6Terletak tidak jauh dari pesisir pantai utara pulau jawa, membuat kota ini memiliki cuaca yang cukup panas. Meski begitu, bukan berarti tidak ada lagi tempat yang “adem ayem” untuk disinggahi. Salah satu tempat yang masih menunjukkan dua kata sifat tersebut adalah taman telaga Bandung.

Kita tidak sedang membicarakan telaga yang ada di Kota Kembang Bandung. Karena selain Kota Bandung tidak dekat dengan daerah pantura, kota ini juga tidak panas. Bahkan sebaliknya, ibu kota Jawa Barat ini terkenal memiliki udara yang  sangat sejuk.Taman telaga Bandung yang saya maksud adalah taman telaga yang terletak di Jalan Andanwangi RT 01 RW 04, Desa Bandung, salah satu desa di Kota Lamongan.

Keberadaan taman telaga Bandung menjadi sumber oksigen baru di tengah pengapnya Kota Soto ini. Jika membahas sisi telaganya saja, memang tidak ada yang spesial. Hanya dua buah telaga yang tidak terlalu luas, ditumbuhi tumbuhan air, dan dipisahkan oleh sebuah bendungan kecil. Namun, jika kita melihat area sekelilingnya, taman telaga Bandung akan terasa nyaman dan indah dengan adanya bangunan dan tumbuh-tumbuhan yang sengaja didirikan dan ditanam.

Telaga Bandung 7Dulu, orang datang ke telaga Bandung hanya untuk mengambil air sebagai kebutuhan sehari-hari saja, atau paling meriah saat desa mengadakan lomba memancing. Sekarang, setelah tahun 2009, telaga Bandung mulai ramai didatangi setelah dibangun pemerintah daerah dan dijadikan sebagai taman terbuka hijau. Tujuannya jelas, untuk menghijaukan Kota Lamongan dan sebagai tempat berekreasi yang murah.

Taman telaga Bandung memang benar-benar taman wisata murah. Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan Rp 2.000 saja. Untuk masuk ke dalam taman, tidak perlu membayar alias gratis.

Telaga Bandung 2Di taman yang memiliki luas sekitar 900 meter persegi ini, Anda bisa jalan-jalan mengelilingi telaga Bandung dengan menyusuri jalan setapak yang ada. Di kanan kiri jalan juga disediakan setidaknya 17 tempat duduk dan 10 gazebo. Anda bisa duduk santai di sana sambil melihat ke arah telaga. Taman ini benar-benar nyaman, cocok untuk kumpul bersama keluarga atau teman.

Karena memang dibangun untuk “menghijaukan” Lamongan, taman telaga Bandung dibuat indah dan sejuk oleh banyak pohon randu, pohon palem, pohon beringin, dan pohon-pohon lainnya.

Meski tidak begitu luas, taman ini juga menyisipkan fasilitas lain seperti jalan batu untuk pijat kaki refleksi dan arena bermain. Sayangnya, jika Anda ingin buang air, toilet di taman ini tidak bisa digunakan. Jadi, mau tidak mau Anda harus keluar untuk mencari toilet umum.

Telaga Bandung 4Fasilitas di taman telaga Bandung memang tidak sebanyak fasilitas di alun-alun Lamongan. Selain itu letak taman ini juga lebih sulit dicari, dan hanya bisa dikunjungi di pukul 07.00-17.30 saja setiap harinya. Berbeda dengan alun-alun yang bisa Anda datangi 24 jam.

Tapi di balik keunggulannya, alun-alun Lamongan tidak memiliki pemandangan telaga yang meski biasa, namun akan tampak indah jika dipadukan dengan tanaman-tanaman hias, buah, dan bunga yang mengelilinginya.

Oh iya, ada larangan memburu hewan di taman telaga Bandung, termasuk ikan di telaga sebelah timur. Namun, Jika Anda gemar sekali memancing, Anda bisa membawa perlengkapan pancing Anda ke telaga sebelah barat. Ikan di telaga ini bebas dipancing karena belum termasuk area taman.

Telaga Bandung 3Jika Anda merasa lelah dalam perjalanan di sekitar Kota Lamongan, atau Anda yang butuh refreshing setelah seharian berkerja, taman telaga Bandung juga cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Saat ini, pemerintah daerah telah merencanakan untuk memperluas wilayah taman ini, menambah area bermain, dan memberi wahana perahu motor di telaga tempat memancing tadi. Kapan dan bagaimana rupanya nanti? Mungkin tidak akan jadi seperti Wisata Bahari Lamongan (WBL), namun penambahan fasilitas ini tetap layak untuk kita nantikan.

Taman telaga Bandung

Jalan Andanwangi RT 01 TW 04, sebelah selatan Masjid Al- Azhar Lamongan

Desa Bandung, Kabupaten Lamongan.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tempat Wisata dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s