MENGINTIP INDAHNYA GOA DALAM KEBUN BINATANG

Goa MaharaniTidak salah memang jika daerah Paciran menjadi salah satu sentra wisata Kabupaten Lamongan. Selain Wisata Bahari Lamongan (WBL), ada juga tempat wisata lain yang berada dalam satu kompleks dengan WBL, yakni Maharani Zoo & Goa atau yang biasa disingkat dengan Mazola.

Terletak hanya sekitar 100 meter saja di depan WBL, Mazola menawarkan konsep sebuah kebun binatang yang dipadukan dengan salah satu goa terindah di Indonesia. Tentu menjadi sebuah daya tarik yang tidak dimiliki oleh kebun binatang  atau goa di tempat lain.

Kita bisa masuk dan melihat-lihat berbagai macam binatang, dan menikmati eksotika Goa Maharani dengan membayar tiket seharga Rp 30.000 per orang. Di dalam kawasan yang memiliki luas sekitar 3 hektar ini, kita dapat menemukan sekitar 115 macam spesies hewan, mulai dari hewan lokal hingga yang didatangkan dari luar negeri. Tentu, apabila kebun binatang yang terbilang cukup baru ini disandingkan dengan Kebun Binatang Surabaya, jumlah koleksi binatang di Mazola jauh lebih sedikit. Tapi, seperti yang saya sebutkan tadi, Kebun Binatang Surabaya tidak memiliki goa yang indah seperti yang dimiliki oleh Mazola.

Kesan lain yang didapat ketika pertama kali memasuki Mazola adalah tempat yang bersih. Bisa dibayangkan, sebagai tempat ditangkarkannya berbagai macam binatang, kebun binatang ini terlihat dirawat dengan baik. Tentu ini akan menambah rasa nyaman bagi pengunjung.

Kita tidak perlu bingung harus memulai dari mana untuk mengelilingi kebun binatang ini, karena sudah disediakan rute-rute. Jadi jangan khawatir tersesat atau berputar-putar di tempat yang sama ya hehehe..

Pertama kali masuk, kita akan disambut dengan binatang khas dari daerah Timur Tengah, yakni unta. Daerah Paciran terletak di pesisir yang panas, berbeda dengan Kebun Binatang Surabaya yang sejuk dengan pohon-pohonnya yang rindang. Iklim pesisi yang panas menjadi tempat yang pas bagi unta ini meski tidak seterik daerah asal mereka.

Pintu Masuk MazoolaAda juga berbagai macam serangga yang telah diawetkan dan dipajang rapi dalam sebuah persegi panjang dengan penutup kaca. Di situ kita bisa melihat puluhan macam jenis serangga dari seluruh dunia. Selanjutnya, kita akan dibawa ke ruang tempat replika fosil binatang langka. Di sana ditampilkan replika seekor beruang putih yang berdiri sembari mengaung, juga replika fosil beberapa macam diosaurus, seperti mammoth dan pterodactyl, serta paus biru. Meskipun hanya replika, tapi detailnya dibuat dengan sangat baik, sehingga membuat kita sulit membedakan dengan fosil aslinya.

Kalau Anda pencinta burung, Anda bisa masuk ke dalam sangkar besar yang di dalamnya terdapat aneka jenis burung warna-warni. Anda bisa masuk ke dalam dan memberi makan burung-burung tersebut secara langsung, dengan makanan yang disedikan oleh petugas tentunya. Anda juga bisa berfoto-foto saat burung tersebut mengerumuni Anda yang memegang makanan.

Kalau sudah bosan dengan binatang-binatang yang lucu dan unik, itu berarti saatnya untuk menuju ke kandang singa dan harimau putih. Lain dari kebanyakan kebun binatang, kandang hewan buas di Mazola ini  terletak di bawah pengunjung. Jadi pengunjung bisa melihat lewan-hewan ini dari jalan yang berada di atasnya. Meskipun pagar pembatasnya sudah cukup aman, tapi Anda yang membawa anak-anak kecil harus tetap waspada mengawasi mereka. Karena ditakutkan anak-anak akan memanjat  pagar yang tidak begitu tinggi itu.

Selain itu ada juga buaya, kudanil, ular piton dan masih banyak lagi sebagai pelengkap koleksi binatang-binatang buas di kebun binatang ini. Ada juga binatang primata seperti kera, monyet, dan orangutan. Berbagai macam unggas juga ada, misalnya pelikan, angsa, dan masih banyak lainnya.

Saat beranjak keluar dari kebun binatang, kita akan dibawa menuju ke Goa Maharani. Jika Anda pernah masuk ke goa ini sebelum dibangun dibangun kompleks Mazola, Anda mungkin akan pangling. Dulu goa sedalam 25 meter di bawah permukaan tanah ini gelap. Tidak ada lampu dan rute jalan khusus. Pengunjung harus berjalan dengan sedikit susah. Begitu kompleks Mazola dibangun, di dalam goa diberi rute khusus untuk jalan, pagar, dan lampu remang-remang sehingga pengunjung lebih leluasa menikmati keindahan stalaktit, stalagmit dan bebatuan yang indah. Banyak yang bilang, Maharani adalah salah satu gua terindah di Indonesia.

Meskipun goa ini tak sebesar Goa Akbar yang terletak di kota Tuban, tapi eksotisme keindahan stalaktit dan stalagmitnya tidak tertandingi. Wisata goa yang indah dan dipadukan dengan kebun binatang yang modern ini patut untuk dimasukkan ke dalam daftar wisata liburan Anda.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tempat Wisata dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s