WBL, ANCOL MINI DI LAMONGAN

WBL

Tempat ini dulu dikenal sebagai Tanjung Kodok. Disebut demikian karena adanya batuan berbentuk kodok di pinggir laut. Tiap tahun tempat ini juga digunakan sebagai lokasi pengamatan hilal (bulan baru) 1 Syawal untuk menentukan datangnya hari raya idul fitri. Sejak 2004 lalu, Tanjung Kodok telah berubah menjadi salah satu tempat wisata terbesar di wilayah Jawa Timur yang mengusung konsep perpaduan antara Jatim Park yang berada di Batu, Malang dan juga Ancol di Jakarta.

Lokasinya sangat strategis, berada di Jalan Raya Daendales, Paciran, Lamongan. Bisa ditempuh dengan jarak sekitar 60 km dari Kota Surabaya dan sekitar 35 km dari Kota Tuban.  Selain mengunakan kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa mengunakan angkutan umum yang banyak melintas. Dari Surabaya, pengunjung bisa ke sini naik bus mini warna hijau dari Terminal Osowilangun.

WBL

Foto: Facebook WBL

Tempat wisata seluas 11 hektar ini mematok tiket terusan dari harga Rp 50.000 di hari kerja (Senin – Kamis), dan Rp 65.000 saat akhir pekan (Jumat – Minggu). Sebagian besar wahana di sini diperuntukan untuk anak-anak dan para remaja.

Saat pertama kali kita masuk ke dalam, wahana yang akan menarik perhatian adalah bioskop tiga dimensi. Di tempat ini setiap hari diputar film tiga dimensi yang berbeda-beda dengan durasi sekitar 15 menit.

Wahana selanjutnya yang patut untuk dicoba adalah rumah sakit hantu. Di sini pengunjung bisa menguji nyali dengan beberapa hantu dan ruang-ruang horor khas rumah sakit.

WBL by M. Sholekhudin

Anak-anak yang suka olahraga ekstrem bisa berkunjung ke arena gokart yang menawarkan lintasan layaknya arena balap dengan pengamanan yang mempuni tentunya.

Rumah kaca tak kalah menariknya. Setelah masuk, pengunjung akan dibuat bingung mencari jalan keluar dalam ruangan berbentuk labirin kaca ini.

Jika Anda tertantang tertantang dengan wahana yang memacu ardenalin, Anda bisa mencoba sensasi jet coaster dengan kereta yang cepat dan lintasan ekstrem, ranger yang memutar 180 derajat di udara, atau drop zone yang akan menjatuhkan pengunjung yang naik dari ketinggian di atas sepuluh meter.

Yang suka bermain air bisa berenang di kolam renang. Kolam ini terbagi dua, yaitu kolam untuk anak-anak dan untuk dewasa. Namun akan lebih seru sebenarnya kalau sebelum berenang, Anda masuk ke taman air. Jalan berliku-liku yang dikelilingi dinding rumput dengan semprotan air yang tersembunyi akan membuat Anda basah kuyup saat keluar.

Menara Tanjung Kodok

Ingin melihat koleksi boneka dengan konsep seribu satu malam ala Ali Baba yang di datangkan langsung dari India? Anda bisa berkunjung ke istana boneka. Dari istana boneka ini, Anda bisa masuk ke rumah kucing yang memamerkan aneka jenis kucing cantik dari berbagai belahan dunia.

Kalau penasaran dengan tempat melihat hilal yang saya sebutkan tadi, Anda bisa langsung mendekat ke menara tua di pinggir laut. Namun, sayangnya pengunjung tidak diizinkan untuk naik ke atas menara, jadi hanya bisa melihat dari jarak sekitar sepuluh meter dari menara itu.

Selain beberapa wahana di atas, pengunjung juga bisa menikmati kurang lebih 60 wahana lainnya di wisata yang buka mulai dari pukul 08.30 sampai dengan 16.30 WIB ini. Untuk bisa mencoba satu demi satu wahana yang ada, dibutuhkan waktu setidaknya seharian  penuh.

Setelah lelah berkeliling, tidak pas rasanya kalau tidak membeli oleh-oleh atau mencari makanan atau minuman khas Paciran. Untuk membeli oleh-oleh, Anda bisa datang ke toko-toko di dalam area tempat ini, mulai dari pakaian sampai aneka pernik khas Lamongan.

Foto: Facebook WBL

Foto: Facebook WBL

Berhubung tempat wisata ini berada di daerah pesisir, jadi cuaca pun sangat panas. Berbeda dengan Jatim Park II yang sejuk karena memang berada di dataran tinggi. Untuk itu, sebagai pelepas dahaga, paling pas minum es dawet ental sambil makan jumbrek yang banyak di temui dijual di pingir jalan saat Anda pulang ke arah timur (Surabaya) maupun barat (Tuban).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tempat Wisata dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke WBL, ANCOL MINI DI LAMONGAN

  1. azhar berkata:

    Adminnya semoga menyampaikan ini “Mohon bagi pihak yang berwenang terutama Kecamatan dan Kabupaten lamongan, Sampah sampah yang berserakan di daerah sekitar WBL (penanjan) segera ditangani agar tidak merusak keindahan pantainnya… dan mungkin PKL yang berda di aera situ diberipengertian kebersihan lingkungan dan dilengkapi sanki sanki biar jera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s